loader
Foto

BERJUMLAH 91 MAHASISWA KEBIDANAN MELAKSANAKAN PRAKTIK KEBIDANAN KOMUNITAS

Bitung, (08/10) Praktik Kebidanan Komuntas adalah kegiatan kebidanan yang dilaksanakan di komunitas atau masyarakat. Kegiatan ini ditempuh selama 2 minggu mulai tanggal 08 s/d 21 November 2016 di Kota Bitung tepatnya di Kecamatan Ranowulu dengan 4 Kelurahan yaitu : Apela I, Apela II, Kumersot dan Karondoran. Peserta praktik komunitas adalah seluruh mahasiswa semester V. Kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas diawali dengan Pembukaandan Penerimaan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dan dampingi oleh Camat Ranowulu, Kepala Puskesmas Ranowulu, Lurah Apela I, Apela II, Kumersot dan Karondoran. Poltekkes Kemenkes Manado sendiri di hadiri oleh PUDIR I Bidang Akademik Bapak Hendry Imbar, S.Pd.,M.Kes (mewakili Direktur) dan Ketua Jurusan Kebidanan Ibu Sandra G.J. Tombokan, S.SiT, S.Pd, M.Kes. Acara pembukaan dan penerimaan dihadiri oleh mahasiswa kebidanan yang berjumlah 91 Mahasiswa, dosen pembimbing, perangkat desa dan bidan desa.

Sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dalam upaya-upaya kesehatan tersebut maka kurikulum pendidikan bidan Diploma 3 menyesuaikan dengan konsep pelayanan kesehatan tersebut. Prodi Diploma 3 Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado sebagai institusi pendidikan kesehatan mengharuskan mahasiswa melaksanakan praktik klinik kebidanan komunitas pada semester V (lima) di lapangan dan mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan. Dengan adanya kegiatan praktik klinik kebidanan komunitas ini diharapkan tujuan mata kuliah Kebidanan Komunitas pada saat mengikuti pendidikan di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado dapat tercapai secara maksimal, sehingga lulusannya dapat berperan dalam sektor kesehatan di masyarakat, dan mampu bersaing dalam menghadapi era globalisasi.

Tujuan pendidikan tinggi di Program Studi (Prodi) Diploma 3 Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado mengarah pada pendidikan profesional, yaitu menghasilkan tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan akademik dan keterampilan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Prodi telah menetapkan visi dan misi yang telah disepakati bersama dengan internal stakeholders di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado, yaitu : 1). Menyelenggarakan pendidikan profesi kebidanan yang berkualitas dan kompetitif dalam spesifikasi Kebidanan Komunitas; 2).Menyelenggarakan pendidikan profesi kebidanan yang memiliki dedikasi yang tinggi, dan peduli terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan; 3). Menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan pengetahuan di bidang kebidanan, dan; 4) Meningkatkan keterlibatan dalam membangun kualitas kesehatan ibu dan anak.

Dalam rangka mendukung program safe motherhood, peran tenaga kesehatan juga sangat dibutuhkan terutama tenaga kesehatan bidan. Untuk menghasilkan bidan professional tersebut, lulusan D3 kebidanan perlu dibekali pengalaman praktik lapangan, dalam hal ini adalah praktik klinik kebidanan komunitas.Saat ini tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan semakin tinggi, hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya pengetahuan, status sosial dan ekonomi masyarakat. Suatu kewajiban bagi penyedia pelayanan kesehatan untuk berupaya memenuhi tuntutan tersebut, sehingga masyarakat akan merasa puas dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang sangat dominan dalam memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan adalah adanya sumber daya kesehatan yang profesional. (Humas dan MoU)

foto
Author: Super Admin