loader
Foto

KERJASAMA POLTEKKES KEMENKES MANADO DENGAN AMBULANS GAWAT DARURAT 118 JAKARTA

HUMAS DAN KERJASAMA, (02/12). Salah satu upaya untuk menanggulangi meningkatnya kasus gawat darurat medik dan bencana adalah mempersiapkan tenaga perawat kesehatan yang mempunyai skill dengan memberikan respons yang cepat dan tepat dalam memberikan pertolongan pada korban saat ditempat kejadian sampai evakuasi ke rumah sakit.

Era globalisasi persaingan pada berbagai bidang pekerjaan semakin ketat, tetapi kebutuhan tenaga perawat tetap memiliki ‘pasar’ tersendiri. Untuk menjawab itu lewat Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Manado telah siap berkompetensi. Salah satu yang menjadi keunggulan dan diperkuat adalah Keperawatan Kegawat-daruratan. Pada keunggulan tersebut untuk mencetak calon-calon tenaga kesehatan keperawatan yang siap tanggap, maka Jurusan Keperawatan telah mempersiapkan diri, mendidik mahasiswa-mahasiswanya agar memiliki kemampuan profesi keperawatan yang memadai dan berkualitas sehingga bisa menjadi kunci keberhasilan di masa yang akan datang.

Sebagai upaya Jurusan Keperawatan menyiapkan Alumni yang Ahli dibidang Keperawatan Gawat Darurat, maka perlu adanya kerjasama dengan beberapa instansi lain yang mempunyai pemahaman yang sama tentang kegawat-daruratan.

Untuk menjawab itu Poltekkes Kemenkes Manado melakukan Penandatangan MoU dengan salah satu instansi yang merpakan Badan Layanan Umu adalah Ambulans Gawat Darurat 118 Jakarta. Bertempat di Ruangan Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Lantai II Direktorat Poltekkes Kemenkes Manado, penandatangan MoU tersebut langsung dilakukan setelah melihat dan membacakan isi dari MoU tersebut.

Perjanjian kerjasama ini dibuat dengan maksud untuk menyelenggarakan Pelatihan Gawat Darurat di bidang Gawat Darurat. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada perawat dan mahasiswa untuk mendapatkan pelatihan kegawatdaruratan dalam rangka menambah pengetahuan dan keterampilan untuk menangani kasus gawat darurat.

Dalam lingkup Kerjsama adalah Bekerja sama melalui pendayagunaan secara optimal keahlian, fasilitas, sarana dan prasarana penyelenggaraan pelatihan melalui Kursus Basic Trauma and Cardiac Life Support (BT&CLS;).

Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Bapak Semuel Layuk, SKM.,M.Kes dengan didampingi oleh Ketua Jurusan Keperawatan Bapak John Welliam Tangka, S.Kep Ners, M.Kep, Setelah Penandatangan MoU dilakukan Direktur mengatakan sangat berterima kasih sekali atas Kerjasama yang terjalin dengan Ambulans Gawat Darurat 118 Jakarta.

Melalui penandatanganan kesepakatan bersama ini, diharapkan kegawatdaruratan bisa semakin optimal di Poltekkes Kemenkes Manado lebih khusus Jurusan Keperawatan, sehingga bisa menjadi penguatan akan meningkatkan Keunggulan di Jurusan Keperawatan pada ilmu kegawatdaruratan. Dengan demikian bisa mempertajam visi Poltekkes kemenkes Manado menjadi Pendidikan Tenaga Kesehatan yang Unggul dan Berbudaya serta bisa terjun ke masyarakat dengan membantu dan menolong yang benar-benar membutuhkan bantuan medis dengan sigap bencana," katanya.

foto
Author: Super Admin