loader
Foto

SEMINAR ILMIAH KESEHATAN

Manado, 20 April 2015 di Bunaken Room Poltekkes Kemenkes Manado telah dilaksanakan Seminar Ilmiah Kesehatan tentang Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah dalam Mencapai Target MDG’s 2015 dan Menyongsong SDG’s dengan pembicara Prof. dr. Umar Fahmi Achmadi, MPh, Ph.D.

MDG’s atau tujuan pembangunan millennium adalah upaya untuk memenuhi hak-hak dasar kebutuhan manusia melalui komitmen bersama antara 189 negara PBB untuk melaksanakan 8 tujuan pembangunan serta menyongsong tujuan pembangunan millennium yang berkelanjutan. Manajemen pengendalian penyakit berbasi wilayah hakikatnya merupakan upaya tata laksana pengendalian penyakit yang dilaksanakan secara simultan, paripurna, terencana dan terintegrasi. Tata laksana khusus penyakit dilaksanakan pada satu wilayah tertentu. Upaya tersebut dapat dilakukan secara prospektif, retrospektif atau simultan bersama. Faktor risiko penyakit yang dimaksud adalah semua variable atau factor yang berperan timbulnya kejadian suatu penyakit, baik pada individu maupun di masyarakat. Adanya kejadian suatu penyakit, berbagai variable lingkungan dan kependudukan termasuk di dalamnya perilaku hidup serta merupakan dua factor risiko utama penyakit. Penyehatan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat merupakan upaya utama pengendalian berbagai factor risiko penyakit dalam satu wilayah.

Dengan diadakannya Seminar Ilmiah Kesehatan ini diharapkan dapat memberikan masukkan kepada pengelola program dan para akademisi serta praktisi kesehatan demi suksesnya pencapaian target pasca MDG’s 2015 berdasarkan evidence base dan menyongsong SDG’s.

foto
Author: Super Admin