Apa Itu Data Cache Di Android Dan IPhone Dan Dapatkah Saya Menghapusnya?

Pernahkah Anda menghapus data ponsel menggunakan aplikasi pembersih “sampah” seluler?

Aplikasi ini biasanya mengurutkan dan tidak terlalu perlu untuk menyimpan data sementara, sehingga meskipun data tersebut dihapus, Anda dapat terus menggunakan ponsel cerdas Anda tanpa gangguan.

Yang dihapus adalah data cache. Data yang sama ini sebenarnya dapat dihapus secara manual oleh pengguna ponsel Android atau iOS melalui menu pengaturan. Jadi, apa itu data cache?

Apa itu data cache?

Data cache adalah informasi yang mencakup gambar, file, dan teks dari situs web atau aplikasi yang disimpan secara otomatis di perangkat Anda. Data cache disimpan untuk mempercepat proses (loading) ketika pengguna mencari atau menjalankan suatu aplikasi.

Misalnya, saat membuka Instagram versi web di laptop atau browser seluler. Tentu saja, Anda harus memasukkan akun dan kata sandi Anda saat pertama kali membukanya.

Namun, Anda tidak perlu melakukan langkah ini pada saat Anda membukanya kembali, karena data tersebut akan disimpan sebagai data cache. Ini akan memungkinkan Anda untuk terhubung ke Instagram lebih cepat.

Ilustrasi Penjelajahan Mateus Bertelli

Hal yang sama berlaku untuk aplikasi smartphone untuk Android dan iPhone. Jadi Anda tidak perlu login setiap kali membuka aplikasi karena data akun Anda disimpan sebagai data cache.

Bisakah saya menghapus data yang di-cache?

Data cache yang disimpan di perangkat bersifat sementara dan biasanya tidak terlalu penting. Ini karena data yang di-cache adalah untuk kenyamanan Anda.

Jadi membersihkan data cache pada dasarnya baik-baik saja dan tidak berdampak besar pada aplikasi atau situs web yang Anda gunakan.

Anda hanya akan diminta untuk masuk lagi saat membuka situs atau aplikasi yang data cachenya telah dihapus, dan waktu muat akan sedikit lebih lama daripada sebelum dihapus.

Baca Juga  Warganet Mengeluhkan Tidak Bisa Diaksesnya Layanan Pencarian Google

Seperti yang dihimpun KompasTekno di Makeuseof, Kamis (2/7/2022), membersihkan cache data tidak menghapus akun Anda dari aplikasi.

Sebaiknya bersihkan cache data karena sebenarnya dapat mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan. Berkat penyimpanan yang nyaman, ponsel tidak berjalan lambat alias lambat.

Cara Menghapus Data Cache di Android dan iPhone

Mengutip dari situs zulu.id bahwa cara menghapus data cache di Android dan iPhone tidaklah sulit. Namun, dibutuhkan sedikit lebih banyak waktu karena Anda harus menghapus setiap aplikasi satu per satu secara manual.

Nah, jika Anda ingin menghapus data cache di Android, Anda bisa menyimaknya dari artikel berikut ini. Cara menghapus data cache di ponsel Android.

Kemudian, bagi pengguna iPhone, Anda bisa menghapus data cache dengan mengikuti langkah-langkah di artikel berikut ini. 3 Cara Menghapus Cache di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan.

semoga beruntung. Tuhan memberkati!