Biar Enggak Mubazir, Ini Cara Memaksimalkan Penggunaan Smartwatch

Kehadiran jam tangan pintar atau smartwatch dinilai bisa membantu masyarakat beraktivitas.

Tak sekadar berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam tangan pintar yang telah dilengkapi internet of things (IoT) juga memiliki fitur selayaknya smartphone.

Dilansir dari laman techacute.com, Jumat (26/3/2021), smartwatch bahkan dapat menjadi “asisten pribadi” penggunanya jika dihubungkan dengan ponsel pintar.

Agar tidak mubazir, maksimalkan fungsi smartwatch untuk keperluan berikut.

1. Menerima notifikasi pesan masuk

Salah satu fitur unggulan yang umum ditemukan pada smartwatch adalah notifikasi pesan.

Lewat fitur tersebut, Anda dapat menerima notifikasi pesan yang masuk, seperti email dan chat. Dengan demikian, Anda tak perlu selalu membuka ponsel untuk mengetahui notifikasi tersebut.

2. Menjawab panggilan telepon

Selain dapat menerima pesan, smartwatch yang sudah terhubung dengan smartphone juga dapat digunakan untuk menerima panggilan telepon.

Anda pun tak perlu menempelkan smartwatch ke telinga atau mulut untuk menjawab telepon. Sebab, rata-rata smartwatch telah dibekali dengan speaker yang kompatibel agar aktivitas komunikasi dapat dilakukan secara praktis dan efisien.

3. Penunjang outfit

Seperti diketahui,smartwatchterkini sudah dilengkapi watch face.Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi tema perangkat sesuai preferensi. Personalisasi tersebut dimulai dari widget hingga warna.

Contoh, jika Anda sedang memakai pakaian biru, watch face bisa mengatur tampilan tema jam pintar menjadi warna serupa.

Dok. Oppo Watch face jadi salah satu fitur penting untuk menyesuaikan smartwatch dengan outfit.

4. Maksimalkan untuk aktivitas olahraga

Sejak pertama kali diperkenalkan, smartwatch yang sudah dibekali IoT memiliki fungsi sebagai pencatat aktivitas olahraga. Perangkat ini bisa mencatat jumlah langkah kaki saat joging atau jalan santai hingga jumlah kalori yang dikeluarkan.

Seiring perkembangan teknologi, smartwatch bisa mencatat pelbagai jenis olahraga, mulai dari bersepeda hingga yoga.

Baca Juga  Pasca Gempa Cianjur, Pedagang Sayur Di Pasar Cipanas Melipatgandakan Penjualannya.

Catatan dan statistik aktivitas olahraga pun bisa dihubungkan dengan aplikasi di smartphone. Dengan demikian, pengguna bisa mengecek konsistensi dan progres olahraga yang telah dilakukan.

Berkat kemampuan tersebut, pengguna bisa termotivasi untuk giat berolahraga.

5. Jadikan pemantau kesehatan

Sejalan dengan fungsi mencatat olahraga, smartwatch juga bisa memantau kesehatan pengguna. Perangkat ini sudah dilengkapi sejumlah sensor untuk keperluan tersebut.

Pertama, sensor optik untuk mengukur aliran darah dan membantu menunjukkan seberapa cepat detak jantung Anda. Kedua, sensor elektrik untuk mengambil elektrokardiogram dan dapat membantu menandai ketidakteraturan detak jantung.

Ketiga, continuous Sp02 monitoring untuk mengetahui jumlah oksigen dalam darah. Keempat, sensor akselerometer untuk mengukur detak jantung saat Anda terjatuh dengan keras.

Smartwatch terkini juga sudah dilengkapi fitur pemantau kesehatan lain, seperti kualitas tidur serta metabolic equivalents task (MET).

Pada fungsi pemantauan MET, smartwatch mencatat intensitas dan pengeluaran energi setelah melakukan aktivitas fisik, serta untuk melatih atau mengatur pernapasan.

Dok. Oppo Smartwatch dapat digunakan untuk memantau kualitas tidur.

6. Menemukan ponsel yang telah terhubung

Smartwatch berbasis sistem operasi Android Wear yang dilengkapi fitur Android Device Manager dapat digunakan untuk melacak smartphone yang sudah tersinkronisasi.

Lewat fitur tersebut, Anda cukup memberikan perintah suara, seperti “Ok Google, Find my Phone”. Setelah itu, smartwatch akan merespons dengan mengeluarkan rute perjalanan menuju lokasi smartphone berada.

Tak hanya itu, Fitur Google Device Manager dapat menghapus semua data yang ada di dalam smartphone Anda. Jadi, bila ponsel tersebut tidak berhasil ditemukan, Anda dapat menghapus semua data hanya menggunakan fitur tersebut.

Itulah enam fungsi smartwatch yang bisa Anda manfaatkan untuk menunjang aktivitas. Bila tertarik untuk menggunakan gadget tersebut, Anda dapat memilih produk berkualitas dari produsen tepercaya, seperti Oppo Watch Free.

Baca Juga  Pasca Gempa Cianjur, Pedagang Sayur Di Pasar Cipanas Melipatgandakan Penjualannya.

Jam tangan pintar dari Oppo tersebut memiliki layar AMOLED 1,64 inci dengan kerapatan piksel 326 pixel per inch (ppi) dan mengadopsi standar warna DCI-P3.

Pada bagian tali (strap), Oppo melengkapi smartwatch tersebut dengan strap berbahan silikon yang memiliki tekstur kulit. Bahan ini membuat pengguna merasa nyaman mengenakan Oppo Watch Free meski saat tidur.

Dari segi daya, Oppo Watch Free memiliki kapasitas baterai 230 mAh yang mampu bertahan hingga 14 hari dengan sekali pengisian penuh. Oppo Watch Free juga mampu digunakan selama satu hari penuh hanya dengan pengisian daya selama 5 menit.

Dok. Oppo Smartwatch yang digunakan untuk olahraga dapat digunakan untuk memonitoring detak jantung dan menghitung kalori.

Oppo Watch Free hadir dengan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah dukungan Mode eSport.

Saat mode tersebut diaktifkan, semua notifikasi dan peringatan secara otomatis akan dialihkan ke layar smartwatch, tidak ditampilkan di layar ponsel.

Kemudian, ada juga fitur pelacak detak jantung. Lewat fitur ini, Oppo Watch Free dapat menampilkan lima pengukuran detak jantung secara real-time. Pengguna juga akan menerima pemberitahuan bila detak jantungnya terlalu tinggi atau rendah.

Oppo Watch Free memiliki beberapa sensor yang dapat merekam lebih dari 100 mode olahraga, seperti kriket, skipping, melompat, panah, ski, bola voli, kayak, dan bulu tangkis.

Selain itu, smartwatch ini juga akan mengidentifikasi dan merekam empat mode olahraga secara otomatis, yaitu berjalan, berlari, mendayung, dan elips.

Dok. Oppo Oppo Watch Gratis

Tak sampai di situ, masih banyak fitur lain pada Oppo Watch Free yang bisa dimanfaatkan, seperti untuk memantau kualitas tidur, mendeteksi dengkuran, serta mengatur pemutaran musik.

Baca Juga  Pasca Gempa Cianjur, Pedagang Sayur Di Pasar Cipanas Melipatgandakan Penjualannya.

Penampilan Anda juga akan ditunjang karena smartwatch tersebut memiliki fitur watch face. Menariknya, fitur ini sudah didukung teknologi kecerdasan buatan (AI).

Adapun watch face bawaan Oppo yang terdapat Oppo Watch Free terdiri dari tiga kategori, yaitu AI Outfit, AI Pattern, dan AI Photos, dengan lebih dari 40 desain tema yang tersedia.

AI Outfit sendiri bisa menyesuaikan tema perangkat dengan warna atau pola pakaian yang sedang digunakan.

Untuk mengaktifkan kategori tersebut, pengguna cukup memotret warna pakaian atau benda apa pun sesuai keinginan. Algoritma kecerdasan buatan Oppo akan secara otomatis membuatkan watch face sesuai dengan warna dan tema pakaian atau benda yang dipotret.

Sementara kategori AI Pattern, pengguna dapat membuat watch face berupa pola bergerak, baik tulisan, mosaik, maupun warna sesuai keinginan.

Hal tersebut hampir mirip dengan cara membuat Always on Display pada beberapa handphone Oppo berlayar AMOLED.

Selanjutnya, kategori AI Photos. Pada pengaturan ini, pengguna dapat memilih foto atau gambar yang ada di galeri ponsel untuk dijadikan wallpaper atau latar belakang Oppo Watch Free.

Untuk diketahui, pengguna juga bisa menggunakan watch face dari pengembang lain.

Agar dapat terhubung ke Oppo Watch Free, pastikan sistem operasi pada smartphone Anda telah sesuai dengan standar yang dimiliki smartwatch tersebut, yakni minimal Android 6.0 dan iOS 10.0.

Sebagai informasi, Oppo Watch Free dijual dengan harga Rp 1.399.000. Perangkat ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Vanila dan Hitam.