Cara Mengamankan Akun WhatsApp Anda dari Serangan

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Namun, kepopulerannya juga membuatnya menjadi target serangan dan ancaman keamanan. Untuk melindungi akun WhatsApp Anda dari serangan, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengamankan akun WhatsApp Anda:

Aktifkan verifikasi dua langkah (Two-Step Verification):

Verifikasi dua langkah adalah fitur yang memungkinkan Anda menambahkan lapisan keamanan tambahan pada akun WhatsApp Anda. Fitur ini meminta Anda untuk memasukkan PIN enam digit yang Anda tetapkan setiap kali Anda ingin menginstal ulang WhatsApp pada perangkat baru. Untuk mengaktifkannya, buka “Settings” (Pengaturan) di aplikasi WhatsApp, pilih “Account” (Akun), lalu pilih “Two-Step Verification” (Verifikasi Dua Langkah). Ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk menyiapkan PIN verifikasi dua langkah.

Perbarui WhatsApp secara teratur:

Selalu pastikan Anda menggunakan versi terbaru WhatsApp. Pembaruan perangkat lunak rutin penting untuk melindungi Anda dari kerentanan keamanan yang diketahui. WhatsApp secara teratur merilis pembaruan yang memperbaiki bug dan kerentanan keamanan. Pastikan Anda mengaktifkan pembaruan otomatis di toko aplikasi ponsel Anda atau periksa secara manual pembaruan untuk WhatsApp.

Waspadai pesan yang mencurigakan:

Melansir dari Okinmedia.id Jangan terburu-buru mengklik tautan atau membuka lampiran yang mencurigakan yang dikirim melalui WhatsApp. Serangan phishing sering kali menggunakan pesan berkedok yang mengiming-imingi hadiah atau penawaran menarik untuk mengelabui pengguna. Hindari membagikan informasi pribadi atau mengklik tautan yang mencurigakan. Jika Anda mendapat pesan yang mencurigakan, laporkan dan blokir pengirimnya.

Baca Juga  WA Web Plus di Android vs. iOS: Perbedaan dan Kesamaan

Lindungi privasi Anda:

Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat foto profil Anda, status, dan info kontak Anda di WhatsApp. Buka “Settings” (Pengaturan), pilih “Account” (Akun), lalu pilih “Privacy” (Privasi). Di sini, Anda dapat menyesuaikan pengaturan privasi Anda sesuai keinginan. Misalnya, Anda dapat membatasi siapa yang dapat melihat foto profil Anda atau status Anda.

Aktifkan notifikasi verifikasi login:

WhatsApp memiliki fitur notifikasi verifikasi login yang memungkinkan Anda menerima pemberitahuan setiap kali ada percobaan login yang mencurigakan ke akun Anda. Fitur ini dapat memberi Anda peringatan dini jika ada upaya tidak sah untuk mengakses akun WhatsApp Anda. Untuk mengaktifkannya, buka “Settings” (Pengaturan), pilih “Account” (Akun), lalu pilih “Security” (Keamanan) dan aktifkan “Show Security Notifications” (Tampilkan Notifikasi Keamanan).

Gunakan kata sandi yang kuat:

Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun WhatsApp Anda. Jaga kerahasiaan kode verifikasi:

Kode verifikasi enam digit yang dikirim melalui SMS saat menginstal WhatsApp merupakan informasi penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Jangan pernah membagikan kode verifikasi tersebut kepada siapapun, termasuk pihak yang mengklaim menjadi tim dukungan WhatsApp. Tim dukungan WhatsApp tidak akan pernah meminta kode verifikasi Anda. Simak juga di Optimaprep.co.id.

Aktifkan penguncian aplikasi:

Fitur penguncian aplikasi memungkinkan Anda mengatur PIN, sidik jari, atau pengenalan wajah untuk mengunci akses ke aplikasi WhatsApp. Ini akan melindungi akun Anda dari akses yang tidak sah jika perangkat Anda jatuh ke tangan yang salah. Buka “Settings” (Pengaturan), pilih “Account” (Akun), lalu pilih “Privacy” (Privasi) dan aktifkan fitur penguncian aplikasi.

Tetap waspada terhadap perangkat yang digunakan:

Selalu pastikan perangkat Anda terlindungi dengan kata sandi atau pengenalan biometrik yang kuat. Jika perangkat Anda hilang atau dicuri, segera laporkan ke pihak berwenang dan nonaktifkan akun WhatsApp Anda dengan menghubungi dukungan WhatsApp.

Baca Juga  Xiaomi Menuntut Agar MIUI 14 Bebas Iklan

Batasi penggunaan jaringan Wi-Fi publik:

Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik atau tidak aman untuk mengakses atau mengirim pesan penting melalui WhatsApp. Jaringan Wi-Fi publik dapat rentan terhadap serangan dan pihak yang tidak bertanggung jawab dapat mengakses data Anda.

Tetap perbarui keamanan perangkat:

Pastikan perangkat Anda dilindungi dengan keamanan terbaru, seperti antivirus, firewall, dan pembaruan sistem operasi. Pembaruan perangkat lunak yang rutin membantu melindungi perangkat Anda dari ancaman keamanan yang dikenal.

Gunakan fitur pembatalan pautan:

WhatsApp menyediakan fitur “Pembatalan Pautan” yang memungkinkan Anda menghapus pesan yang dikirim secara tidak sengaja sebelum dilihat oleh penerima. Fitur ini dapat membantu melindungi informasi pribadi Anda jika Anda mengirim pesan ke orang yang salah atau dalam kelompok yang tidak sesuai.

Mengamankan akun WhatsApp Anda adalah langkah penting dalam menjaga privasi dan keamanan data pribadi Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat meminimalkan risiko serangan dan menjaga akun WhatsApp Anda tetap aman. Selalu ingat untuk berhati-hati dan waspada terhadap potensi ancaman keamanan saat menggunakan aplikasi ini.