Fitur WhatsApp Baru Memungkinkan Pengguna Untuk Terus Mengirim Pesan Bahkan Ketika Internet Diblokir Di Unsyiahpress

Akibat pemadaman internet di beberapa negara, WhatsApp meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk terus mengirim pesan meski jaringan mati.

Dilansir unsyiahpress.id, WhatsApp mengatakan dalam blog resminya pada 1 Juni 2023 bahwa pihaknya menyadari masih banyak orang yang tidak dapat menjangkau orang-orang tersayang akibat pemadaman internet.

“Untuk mengatasi masalah ini, hari ini kami meluncurkan dukungan proxy untuk pengguna WhatsApp di seluruh dunia,” tulis aplikasi obrolan tersebut kepada Meta dalam sebuah pengumuman.

“Ini berarti kami memberi orang kemampuan untuk mempertahankan akses ke WhatsApp jika koneksi mereka diblokir atau terputus,” kata perusahaan itu.

Dengan memilih agen, pengguna terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi di seluruh dunia yang membantu orang berkomunikasi dengan bebas.

Menurut WhatsApp, menghubungkan melalui proxy mempertahankan tingkat privasi dan keamanan yang ditawarkannya.

Platform ini juga menambahkan bahwa pesan pribadi dilindungi dengan enkripsi end-to-end untuk memastikan bahwa pesan hanya ada antara Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda.

Perusahaan juga memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat melihat pesan Anda, termasuk server proxy, WhatsApp, atau Meta.

WhatsApp menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya berharap tidak akan ada lagi pemadaman internet pada tahun 2023.

Dan WhatsApp menulis, “Seperti yang telah kita lihat di Iran selama berbulan-bulan, kerusuhan mengingkari hak asasi manusia dan menyebabkan hambatan pengiriman bantuan.”

“Sementara pemadaman jaringan ini berlanjut, kami berharap solusi ini dapat membantu orang terhubung dengan aman dan andal kapan pun mereka membutuhkannya,” simpul mereka.

Perusahaan juga mengungkapkan bahwa opsi proxy dapat diatur melalui menu pengaturan untuk semua pengguna yang sudah menjalankan aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Baca Juga  Bukan Google, Gen Z Lebih Suka "Googling" Di TikTok Dan Instagram

Berikut cara mengakses WhatsApp menggunakan proxy, dikutip dari panduan di halaman resmi WhatsApp. Jika Anda memiliki koneksi internet, Anda dapat mencari melalui media sosial atau mesin pencari sumber tepercaya yang memiliki agen mapan.

Jika Anda masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp menggunakan proxy, proxy Anda mungkin diblokir. Anda dapat menekan lama alamat proxy yang diblokir untuk menghapusnya, lalu coba lagi dengan memasukkan alamat proxy baru.

Catatan: Jika Anda menggunakan proxy pihak ketiga, alamat IP Anda akan dibagikan dengan penyedia proxy. WhatsApp tidak menawarkan agen pihak ketiga.

WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang disebut Penghapusan Tidak Disengaja yang memungkinkan pengguna membatalkan pesan yang dihapus. Setelah pengujian terbatas, pengguna iOS dan Android kini dapat menggunakan fitur baru WhatsApp ini.

Rupanya, alih-alih menekan opsi “Hapus untuk saya” atau sebaliknya, saya tidak sengaja menghapus obrolan semua orang.

Nah, fitur baru ini bertujuan untuk membantu pengguna mengatasi situasi tersebut dengan memberi mereka opsi untuk membatalkan atau “membatalkan” penghapusan jika ada kesalahan.

Opsi ini hanya tersedia selama 5 detik untuk menghentikan proses dan memungkinkan pesan diambil. Jadi setelah 5 detik? Sayangnya, fitur penghapusan tidak disengaja ini tidak tersedia.