Pilih Layanan Pengiriman Uang Yang Aman Dan Mudah Tanpa Rekening Bank

Inklusi keuangan yang juga dikenal sebagai pengetahuan dan pemahaman masyarakat Indonesia tentang industri keuangan masih rendah. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hanya 60% penduduk dewasa Indonesia pada tahun 2019 yang memiliki rekening bank. Dalam keadaan seperti ini, tidak mengherankan jika layanan pengiriman uang tanpa rekening bank masih diminati oleh banyak orang.

Perkembangan tersebut membawa peluang bisnis untuk layanan transfer bank. Selain transfer antar bank, setidaknya ada empat jenis layanan transfer atau transfer yang masih banyak diminati hingga saat ini. Selain transfer dana antar rekening bank, ada juga transfer dari rekening bank ke penerima uang tunai. Setelah itu, kami mengirimkan atau mentransfer uang tunai ke rekening bank Anda. Terakhir, transfer dana dari uang tunai ke dompet elektronik dan saldo uang elektronik Anda.

Jenis layanan pengiriman uang

Dengan penggunaan uang elektronik (electronic money) dan dompet elektronik (electronic wallet), kebutuhan akan layanan pengiriman uang semakin meningkat. Selain itu, pandemi Covid-19 membuat masyarakat semakin memprioritaskan belanja online dan pembayaran digital untuk mencegah penyebaran virus corona. Ada 4 jenis layanan pengiriman uang:

1. Transfer antar rekening bank

Transfer dana antar rekening bank biasanya dilakukan oleh masyarakat. Selain ATM, Anda dapat dengan mudah menggunakan cabang bank yang sedang Anda transfer ke rekening bank yang sama atau lain melalui Internet banking, SMS banking, dan mobile banking.

2. Pengiriman uang dari deposan tanpa rekening bank kepada penerima yang memiliki rekening bank

Jenis transfer ini dapat dilakukan dengan mudah melalui cabang bank terdekat. Anda juga dapat mentransfer uang tunai ke rekening bank Anda menggunakan ATM yang menerima setoran tunai. Namun, hingga saat ini, jumlah ATM dan kantor cabang bank tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia. Selain itu, ATM dan cabang bank biasanya jauh dari pusat kota.

3. Transfer dana dari penyimpan bukan buku tabungan ke bukan penyimpan buku

Dua orang tanpa rekening bank masih bisa mengirim uang. Jenis pengiriman uang ini biasanya dilakukan melalui Wesselpos dan banyak layanan pengiriman uang lainnya.

Baca Juga  Garena Sedang Merayakan Free Fire Di 5 Kota

Jenis pengiriman ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan layanan atau layanan pembayaran atau fitur yang disediakan oleh perusahaan teknologi keuangan yang bergerak dalam transaksi keuangan (pembayaran fintech). Yang Anda butuhkan hanyalah nomor telepon tujuan untuk menggunakan layanan ini.

4. Transfer tunai (isi ulang) dengan uang elektronik dan dompet elektronik

Permintaan terhadap jenis layanan ini meningkat pesat seiring dengan meningkatnya transaksi yang menggunakan uang elektronik sebagai metode pembayaran, seperti tol dan transportasi umum. Meskipun sedikit berbeda, e-wallet dan e-money pada dasarnya adalah pengiriman uang.

Baca lebih lanjut: Apakah Anda mencari layanan pengiriman uang terdekat? Hanya di Booth Mitra Bucalapak

Tips memilih layanan pengiriman uang yang aman tanpa ATM

1. Keamanan diutamakan

Pastikan faktor keamanannya adalah 1. Jadi, teliti, cari, atau cari tahu terlebih dahulu bagaimana kinerja layanan pengiriman uang yang Anda inginkan. Jika ada banyak keluhan di sana, saya sarankan untuk membatalkannya dan mengubah opsi. Terlalu banyak penyedia jasa pengiriman uang, apalagi sekarang ini bisa menjadi alternatif pilihan.

2. Pilih layanan pengiriman uang dengan peringkat kredit tinggi

Kami merekomendasikan memilih layanan pengiriman uang dari perusahaan terkemuka. Selain bekerja sama dengan direct banking, Anda bisa memilih layanan pengiriman uang yang sudah berpengalaman bertahun-tahun. Selain alasan teknis yang mapan dan didukung, perusahaan dengan kepercayaan tinggi umumnya memiliki sistem pengaduan yang lebih baik.

3. Pilih layanan pengiriman uang yang menyediakan layanan cepat/real-time

Kemajuan teknologi saat ini berasumsi bahwa transfer sebenarnya tidak memakan waktu lama bagi penerima untuk menerimanya. Jadi, pastikan layanan pengiriman uang pilihan Anda memiliki sistem pengiriman uang real-time, kirim uang dan uang akan sampai ke penerima dalam hitungan detik.

4. Pilih layanan pengiriman uang yang dekat dengan tempat tinggal Anda

Kami menyarankan Anda memilih layanan pengiriman uang yang paling dekat dengan negara asal Anda. Salah satu contohnya adalah kios Mitra Bukalapak yang juga menawarkan jasa pengiriman uang. Alasan sederhananya adalah jika terjadi masalah, seperti kiriman uang tidak terkirim dan tidak ada kontak ke penerima, pengaduan dapat diajukan dengan cepat.

Baca Juga  TikTok Now Tersedia Untuk Pengguna Indonesia Bagaimana Itu?

5. Pilih rencana kompetitif.

Selain faktor tersebut, faktor lain yang tidak dapat diabaikan adalah biaya jasa. Pilih layanan pengiriman uang dengan biaya yang kompetitif. Umumnya biaya yang dikenakan saat isi ulang e-money atau e-wallet berkisar antara 1.000 hingga 2.000 rupiah per transaksi. Sementara itu, biaya transfer berkisar antara Rs 5.000 hingga Rs 7.000.

6. Pastikan Anda memiliki akta transfer resmi.

Setelah mentransfer dana, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki sertifikat transfer. Simpan bukti transfer Anda dengan hati-hati untuk memastikan uang Anda sampai ke orang yang tepat. Bukti dari masa lalu adalah bukti kuat jika Anda tidak menginginkan sesuatu di kemudian hari.

Baca Juga:

Opsi Layanan Pengiriman Uang yang Aman

Ada banyak layanan pengiriman uang di Indonesia. Berikut adalah beberapa di antaranya!

1. Layanan Pengiriman Uang Delima Telkom Indonesia

Buah delima melambangkan kedatangan ongkos kirim. Layanan pengiriman uang ini disediakan oleh PT Telkom Indonesia. Layanan ini memungkinkan Anda mengirim uang secara domestik dan internasional tanpa memerlukan rekening bank. Anda harus datang ke Plasa telkom atau Partner Delima (Cash Point Partner) untuk mendapatkan layanan ini.

Pastikan untuk membawa tanda pengenal berupa tanda pengenal, paspor atau SIM. Kemudian isi formulir yang disediakan. Jangan lupa sertakan nomor telepon pengirim dan penerima notifikasi SMS.

2. Wesel

Wesel Pos adalah layanan pengiriman uang legendaris di Indonesia. Layanan ini telah ada sejak zaman kuno. Untuk menggunakan layanan pengiriman uang PT Pos ini, Anda harus mengunjungi kantor pos terdekat. Anda juga dapat mengirim uang melalui Western Union. Jangan lupa datang lebih awal untuk menghindari antrian panjang.

3. Minimarket

Jika Plasatelkom dan kantor pos masih jauh, Anda dapat mentransfer uang melalui toserba. Namun, umumnya ada lebih banyak layanan pengiriman uang yang ditawarkan di pasar yang lebih kecil untuk meningkatkan saldo uang elektronik dan dompet elektronik.

Baca Juga  Pelajari Tentang Fitur Komunitas Ramai Twitter, Mirip Dengan Grup Facebook

4. Booth Mitra Bucalapak

Tidak ada rekening bank, tidak ada rekening di perusahaan teknologi keuangan dan pembayaran, tidak ada smartphone? Jangan khawatir. Dengan mitra Bukalapak, Anda dapat dengan mudah mengirim uang ke rekening bank mana pun.

Cukup bawa uang tunai Anda ke kios Mitra Bukalapak terdekat dengan remittance diaktifkan dan ditandai dengan bank dan nomor rekening yang ingin Anda tuju. Jika transfer berhasil, Anda akan menerima bukti transaksi. Jumlah maksimum yang dapat Anda transfer juga bervariasi dari Rp 50.000 hingga Rp 30 juta.

Keuntungan kirim uang di Warung Mitra Bukalapak

1. Dekat dengan rumah

2. Tidak perlu memiliki rekening bank selama Anda memiliki nomor telepon.

3. Kirim uang di mana saja, kapan saja di seluruh Indonesia.

4. Transaksi cepat, sampai ke penerima dalam waktu 20 detik.

5. Anda dapat mengirim uang ke 62 bank tujuan, dan tidak ada batasan berapa kali transaksi pengiriman uang ke rekening manapun.

6. Dana bisa dikirim mulai dari Rp 50.000.

7. Biaya transaksi yang wajar

8. Anda dapat membayar transaksi virtual account (VA) belanja online seperti DANA, Gopay dan OVO, pengisian uang elektronik dan kebutuhan lainnya seperti dompet elektronik.

Cara memulai bisnis jasa pengiriman uang

Untuk memulai bisnis jasa pengiriman uang, Anda hanya perlu membuka rekening tabungan. Atau, Anda dapat mendaftar langsung dengan mengunduh aplikasi Mitra Bukalapak. Aktifkan fungsi transfer uang dan mulailah mengirim uang segera.

Fungsi pengiriman uang pasti akan membuat toko lebih ramai karena dapat memberikan lebih banyak layanan. Oh ya, jangan lupa untuk mengisi saldo Anda. Ketika Anda memiliki pelanggan yang membutuhkan layanan pengiriman uang, Anda tidak perlu mengisinya. Selalu simpan bukti transmisi untuk mengantisipasi keluhan pelanggan. Catat juga nomor akun dan nomor telepon target dan pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

Selamat memulai bisnis jasa pengiriman uang Anda. Sukses selalu!