loader
Foto

ASSESOR LAM-PTKes LAKUKAN VISITASI PROGRAM STUDI FARMASI

HUMAS DAN KERJASAMA I 19/12. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan menjamin mutu pendidikan di Indonesia, setiap perguruan tinggi yang sudah memiliki ijin operasional diwajibkan melakukan proses akreditasi. Hal ini sudah ditegaskan oleh Kementrian Pendidikan Nasional, bahwa jika setelah tahun 2012 tidak melakukan akreditasi maka perguruan tinggi tersebut tidak memiliki wewenang untuk mengeluarkan ijazah untuk keperluan melamar pekerjaan mahasiswa dan lain sebagainya. Bahkan pada saat ini sebagian masyarakat Indonesia terutama orang tua jika ingin menyekolahkan anaknya di sebuah perguruan tinggi, seringkali melihat perolehan akreditasinya sehingga setiap perguruan tinggi yang memiliki hasil yang bagus (misalkan nilai A) menunjukkan kesiapan sarana dan prasarana dalam menunjang pendidikan bagi mahasiswanya.

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) lakukan visitasi Program Studi Farmasi. LAM-PTKes mengutus 2 orang asesor yaitu Prof. Dr. Djoko Wahyono, S.U., Apt dari Universitas Gadjah Mada dan Dr. Iskandarsyah, M.Si.,Apt dari Universitas Indonesia. Visitasi akan dilakukan untuk Akreditasi Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Manado

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 13-15 Desember 2016. Hasil dari visitasi ini akan menjadi gambaran sekaligus sebagai pembanding apa yang sudah ada di borang dengan realita yang ada di Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Manado. 

Acara dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Bapak Semuel Layuk, SKM., M.Kes. yang kemudian dilanjutkan oleh pemaparan borang IIIA yang merupakan Borang Program Studi Farmasi. Presentasi ini dilakukan oleh PUDIR , Bapak Hendry Imbar, S.Pd.,M.Kes. Setelah pembahasan borang IIIA selesai, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi borang IIIB yang merupakan Borang Unit Pengelola Program Studi. Untuk pemaparan ini, Ibu Selfie. P.J. Ulaen, S.Pd,S.Si.,M.kes. dipercayakan untuk melakukannya. Beliau sendiri adalah Ketua Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Manado. Usai pemaparan, kedua asesor memberikan rekomendasi.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan wawancara para pengguna lulusan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Para asesor menanyakan dan menggali informasi dari seluruh stakeholder yang diwawancarai. Visitasi yang terjadi penuh keakraban dan persaudaraan, semoga hasil sangat memuaskan.

foto
Author: Super Admin