loader
Foto

PERSIAPAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN TERPADU POLTEKKES KEMENKES MANADO TAHUN 2016

Praktek Kerja Lapangan Terpadu (PKL-Terpadu) adalah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melibatkan Mahasiswa dan Dosen semua Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Manado. Jurusan-Jurusan tersebut adalah Jurusan Keperawatan; Jurusan Kebidanan; Jurusan Kesehatan Lingkungan; Jurusan Gizi; Jurusan Farmasi; Jurusan Keperawatan Gigi dan Jurusan Analis Kesehatan.

Praktek Kerja Lapangan Terpadu Poltekkes Kemenkes Manado merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun dan telah disesuaikan dengan Kalender Akademik Poltekkes Kemenkes Manado. Suatu kebanggaan bagi Poltekkes Kemenkes Manado secara institusi bahwa setiap PKL-T yang dilaksanakan mendapat respon positif dari Pemeritah dan Masyarakat setempat dimana Poltekkes Kemenkes Manado mengadakan PKL-Terpadu.

Pelaksanaan PKL-Terpadu bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan keinginan bersama, maka perlu ada persiapan untuk mematangkan PKL-Terpadu. Rapat Persiapan PKL-Terpadu yang dilakukan Hari Rabu Tanggal 10 Februari 2016 di Aula Bunaken Poltekkes Kemenkes Manado yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan, Sub Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jurusan serta Panitia Pelaksana PKL-Terpadu, selanjutnya Rapat di buka oleh Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemasiswaan (Els Kulas, SST, M.Kes) dan sekaligus memberikan arahan-arahan untuk pelaksanaan PKL-Terpadu. Menurut Beliau bahwa dilakukannya persiapan PKL-Terpadu ini untuk menyatukan persepsi dan mendapat paparan yang lengkap mengenai medan/daerah yang baru yang akan didatangi untuk dilakukan PKL-Terpadu sehingga hasil rapat ini ada keterpaduan antara satu dengan lainnya agar nantinya kegiatan PKL-Terpadu ini bisa dilaksanakan dengan baik seperti yang harapkan. Kemudian acara rapat tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Panitia dalam hal ini sebagai pelaksana Program PKL-Terpadu Bapak Bongakaraeng, SKM, M.Kes (Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat).

Dalam pemaparan Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bahwa Tahun 2016 ini tempat PKL-Terpadu dilaksanakan atau dipusatkan di Kabupaten Bolaang-Mongondow Utara (Bolmut). PKL-Terpadu Poltekkes Kemenkes Manado akan diikuti 386 mahasiswa Diploma III, yang terdiri dari 81 Mahasiswa Prodi Keperawatan; 84 Mahasiswa Prodi Kebidanan; 42 Mahasiswa Prodi Kesehatan Lingkungan; 42 Mahasiswa Prodi Farmasi; 49 Mahasiswa Prodi Keperawatan Gigi; 88 Mahasiswa Prodi Analis Kesehatan dan 31 Mahasiswa Diploma IV yaitu : Prodi Kesehatan Lingkungan.

Jumlah keseluruhan Mahasiswa yang akan ikut PKL-Terpadu berjumlah 417 Mahasiswa dengan 106 Dosen Pembimbing. Kesemuanya akan menjajaki atau akan melakukan PKL-Terpadu pada 57 Desa yang di 4 (empat) Kecamatan Kabupaten Bolaang-Mongondow Utara. Pelaksanaan PKL-Terpadu akan dimulai pada Bulan Maret tepat tanggal 03 Maret sampai dengan 23 Maret 2016. PKL-Terpadu tahun ini juga tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu : 1) Penjajakan Daerah yang akan dilaksanakan tanggal 15 dan 16 Februari 2016; 2) Pembekalan PKL-Terpadu akan dilaksanakan tanggal 25 dan 26 Februari 2016.

Dalam diskusi Rapat tersebut berlangsung dengan alotnya dan banyak masukkan, saran serta tanggapan, sehingga Rapat Persiapan PKL-Terpadu menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu : 1). Untuk Penjajakan harus dilakukan dengan berkolaborasi petugas kesehatan yang di Puskesmas; 2). Hasil penjajakan harus dipaparkan pada pembekalan mahasiswa yang akan ikut PKL-Terpadu; 3). Merampungkan kuisioner yang merupakan kompilasi dari ketujuh jurusan agar dalam pembekalan nantinya sudah bisa dipaparkan. (red : HUMAS dan MoU)

foto
Author: Super Admin