loader
Foto

POLTEKKES KEMENKES MANADO MELAKSANAKAN UPACARA MEMPERINGATI HARI KESEHATAN NASIONAL KE 52 TAHUN 2016

MANADO, HUMAS DAN MOU, (12/11) Tadi pagi telah dilaksanakan Upacara Hari Kesehatan Nasional ke 52 tahun 2016, dengan Tema HKN ke-52 adalah Indonesia Cinta Sehat: dengan Sub Tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat. Upacara peringatan ini dilaksanakan di halaman parker Direktorat Poltekkes Kemenkes Manado Jalan R.W Monginsidi Malalayang II dan biasa disebut Kampus A. Upacara ini dihadiri oleh Pimpinan dan Pegawai Direktorat Poltekkes Kemenkes Manado; Pimpinan dan Pegawai ketujuh Jurusan dilingkungan Poltekkes Kemenkes Manado dan Mahasiswa yang mewakili Program Studi.

Dalam rangkaian upacara ini diberikan sejumlah penghargaan kepada:

A.  Penerima Tanda Penghargaan Bakti Karya Husada Dwi Windu

1.  Ruqayah Yunus, SKM

2.  Haryani Dawali

B.  Penerima Tanda Penghargaan Bakti Karya Husada Tri Windu

1.  Juliet Tangka, S.Pd.,M.Kes

2.  Sesca Diana Solang, S.SiT, M.Kes

3.  Sandra Gerce Jelly Tombokan, S.SiT.,S.Pd.,M.Kes

4.  Freike Sofie Nonce Lumy, S.SiT

5.  Jovie Men Dumanauw, S.Si.,Apt.,M.Sc

6.  Samsuri Supeno, S.Sos

7.  Nicolas Emanuel Ngantung

C.  Penghargaan Ketua Jurusan; Sekretaris Jurusan; Ketua Jurusan Program Studi; Sekretaris Jurusan; Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP); Pegawai Administrasi; Dosen dan Mahasiswa Berprestasi Tinggkat Poltekkes Kemenkes Manado Tahun 2016:

1.  Ibu Sandra Gerce Jelly Tombokan, S.SiT, S.Pd.,M.Kes (Sebagai Ketua Jurusan Berprestasi)

2.  Ibu Telly Mamuaya, S.Pd.,M.Kes (Sebagai Sekretaris Jurusan Berprestasi)

3.  Bapak Suwarja, S.Pd., M.Kes (Sebagai Ketua Program Studi dan Dosen Berprestasi)

4.  Ibu Tinneke Aneke Tololiu, S.Kep.,Ners (Sebagai Sekretaris Porgram Studi Berprestasi)

5.  Sdri. Ireine N. Dajoh, AMKG.,SST (sebagai PLP berprestasi)

6.  Sdri. Nurain K. Malipi,AMd.Keb (Sebagai Pegawai Administrasi Berprestasi)

7.  Maykel Kalengkongan (Sebagai Mahasiswa Berprestasi)

D.  Kenaikan Pangkat Pilihan:

1.  Djoni Ransun, S.Pd.,M.Kes

2.  Moudy Lombogia, S.Kep.,M.Kes

3.  Rolly H.S. Rondonuwu, S.Kep.,Ners.,M.Kep

4.  Joice Mermy Laoh, S.Pd.,S.Kes.,Ners.,M.Kes

5.  Yohanis Tomastola, SST.,MPH

E.  Kenaikan Pangkat dalam Tugas Belajar :

1.  Getruida Banon Hermina Alow, S.Pd.,M.Kes

Sesuai dengan tema tahun ini, Menteri Kesehatan melalui pidato peringatan HKN ke 52 tahun 2016 yang dibacakan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Bapak Semuel Layuk, SKM.,M.Kes dan bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan bahwa Dalam rangka penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, ditetapkan 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu (1) Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB); (2) lbu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan; (3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; (4) Bayi mendapat Air Susu lbu (ASI) eksklusif; (5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan; (6) Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar; (7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur; (8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan; (9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok; (10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); (11) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih; dan (12) Keluarga menggunakan jamban sehat. maka Program prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015 — 2019 dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Salah satu primadona program kesehatan adalah Seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Pada tanggal 15 November 2016 di Bantul, Dl. Yogyakarta, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo akan meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau disingkat dengan GERMAS. Yaitu suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tujuan GERMAS ini, agar masyarakat berperilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang.

Kegiatan GERMAS Hidup sehat dilakukan dengan cara, antara Iain melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Pelaksanaan GERMAS harus dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat, lintas kernenterian dan lintas sektor baik pemerintah pusat dan daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat, untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat..

Pada peringatan HKN tahun ini Menkes  berharap ini dijadikan Peringatan HKN ke 52 ini tentu merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Semangat melayani, semangat menggerakkan semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional kita.

Selanjutnya bersamaan dengan HKN 52 ini Pak Direktur Menyampaikan dan memberikan Apresiasi sebesar-besarnya atas prestasi yang ditorehkan oleh Poltekkes Kemenkes Manado baik tingkat daerah maupun tingkat nasional. Selamat kepada yang mendapat penghargaan dan berprestasi serta uji kompetensi. Saya kira ini merupakan kerja keras civitas akademika tanpa harus disebut satu per satu kata-kata orang bijak hasil tidak menghianati usaha, Terima kasih untuk Mudah-mudahan dalam hari kesehatan nasional ke 52 ini kita sadar dan kita makin bangga bahwa kita adalah pejuang-pejuang kesehatan, lebih khusus dalam bidang pendidikan kesehatan, kata Direktur. SELAMAT HARI KESEHATAN NASIONAL KE 52.

foto
Author: Super Admin